Minggu, 06 Juli 2014

10 Triks Jitu Supaya Menjadi Lebih Positif

Banyak orang tidak menyadari bahwa semakin hari semakin dipenuhi dengan perasaan dan emosi negatif. Hal itu bakal menghambat segala kemajuan, kesehatan ataupun kesuksesan yang seharusnya didapatkan jika kita bisa berpikir dan bersikap lebih positif. Sikap negatif bahkan akan menggerogoti jiwa positif kita pelan-pelan, dan jika tidak diubah, maka akan mendatangkan penyakit fisik dan mental serta kegagalan baik dalam karir maupun dalam cinta. Berikut 10 triks yang bakal banyak membantu anda dalam mengembangkan diri supaya lebih sehat dan positif :

1. Cobalah untuk tidak terlalu menggubris perkataan jelek orang tentang kita. Terutama yang kita dengar dari pihak ketiga. Belum tentu segala tuduhan itu tertuju khusus untuk kita. Jikalau itu benar pun, anggaplah itu sebagai pujian orang terhadap kita karena telah begitu serius menyusun perkataan jelek khusus buat kita. Harus diketahui bahwa untuk merangkai sebuah kalimat tentang ketidaksukaan tidaklah mudah dan pasti memakan waktu yang tidak sedikit.

2. Bertemanlah dengan siapa saja tapi cukup bersahabat dengan orang yang anda anggap bisa sama-sama mendatangkan kepositifan. Sahabat yang salah justru akan banyak menggerus jiwa positif jika kita tidak bisa menyaringnya. Bahkan bisa membuang banyak waktu kita yang berharga jika hanya mendengarkan nasehat ataupun perkataan dari teman yang sekali lagi belum tentu seratus persen benar adanya.

3. Bantulah orang lain yang benar-benar membutuhkan dengan ikhlas. Menolong orang lain akan membuat jiwa kita lebih tenang dan merasa berharga dari sebelumnya.

4. Hormati dan hargai orang tua dan keluarga, karena mungkin merekalah yang menjadi benteng terakhir kita saat kita menghadapi masalah besar. Orang tua adalah satu-satunya yang pantas kita percaya penuh untuk menuntun hidup kita. Tapi tidak selamanya orang tua selalu benar. Kadangkala ada saatnya orang tua bakal egois dan bertentangan dengan diri kita. Tetap hormati pendapat mereka jika terjadi demikian tapi berikan pendapat yang dewasa dan logis dengan cara diskusi..Maka niscaya orang tua pasti akan mengerti.

5. Bersikaplah dewasa terhadap masalah apapun. Belajarlah untuk memandang masalah dari segala sisi. Sikap dewasa bukan berasal dari usia melainkan cara berpikir. Dewasa bukan berasal dari pengalaman melewati banyak cobaan. Dewasa akan tercipta jika seseorang mampu mengambil hikmah dari masalah-masalah yang pernah dia hadapi. Hadapi semua masalah dengan kepala dingin dan berorientasi kepada solusi bukan slalu mencari kesalahan dan penyebabnya.

6. Jangan terlalu banyak membuang waktu anda untuk memikirkan hal-hal negatif atau hal-hal yang pernah menyakiti kita. Hal tersebut tidak akan membantu apapun dalam proses pendewasaan diri bahkan tidak akan menyelesaikan masalah apapun. Bahkan orang yang pernah menyakiti kita sebenarnya tidak tahu dan tidak mau tahu tentang apa kita yang lakukan ataupun kita pikirkan. Jikalau memikirkan akan membuang waktu, membuat gelisah dan tidak menyelesaikan masalah apapun. Maka alangkah baiknya kita cukup memikirkan hal-hal yang penting dan sudah pasti bermanfaat.

7. Coba untuk tidak selalu menilai orang lain. Karena hal itu tidak akan banyak membantu mengembangkan diri kita dan tidak akan pula dihargai orang lain bahkan bisa menjadi perselisihan jika disampaikan dengan nada mengejek. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. Ingatlah kalau kelebihan bukan untuk disombongkan melainkan untuk disumbangsihkan. Kekurangan bukan untuk ditutupi melainkan untuk dijadikan semangat berubah.

8. Tersenyumlah selalu kepada siapapun, termasuk orang yang membenci kita. Karena dengan belajar tersenyum maka dengan tidak sadar kita telah selangkah lebih positif dari orang lain.

9. Janganlah sombong dan tidak menggubris sapaan orang lain. Sosial media sekarang menjadi ajang bullying yang serius seperti pisau bermata dua. Lewat sosial media kita bisa menjadi penyebar kepositifan dengan cara berposting positif, menulis jujur dan bermanfaat untuk para pembaca tapi sosial media juga bisa menjadi ajang permusuhan karena saling mengejek padahal tidak saling kenal, saling tidak menggubris padahal sudah saling kenal. Jadi sapalah teman-teman anda di media sosial dengan semangat positif setiap hari. Tetapi sosial media tetaplah bukan realitas melainkan hanya sebagai media pembantu di kala di dalam realitas kita sudah bisa berpikir positif.

10. Berkatalah jujur kepada siapapun, karena itu akan sangat melatih kita menjadi lebih positif. Jika tidak suka sama seseorang, dengan jujur katakanlah langsung dengan cara yang dewasa dan privat, jika mencintai dan menyukai seseorang, dengan jujur katakanlah langsung kepadanya dengan terlebih dahulu melihat responsnya. Jujur memang terkadang pahit akibatnya tapi itulah tanda awal bahwa kita positif. Bersikap acuh ataupun cuek justru akan membawa kesalahpahaman yang dalam di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar