Selasa, 26 Juni 2012

TERNYATA VEGETARIAN BISA MENGURANGI KELAPARAN, KEKURANGAN GIZI, PEPERANGAN DAN BENCANA ALAM DI DUNIA.





Tahukah anda pada tahun 1999, WHO menyatakan setiap tahun ada sekitar 1,2 miliar orang yang menderita kelaparan atau kekurangan gizi di planet ini. Yang lebih menyedihkan lagi adalah fakta lebih dari 40 juta orang meninggal dunia setiap tahun karena kelaparan dan kebanyakan dari mereka adalah kaum anak-anak. Mengapa hal ini bisa terjadi???

Sebab sebidang tanah pertanian akan menghasilkan pangan empat kali lipat lebih banyak daripada digunakan sebagai lahan peternakan untuk dikonsumsi dagingnya. Setiap hektar lahan pertanian rata-rata akan menghasilkan 1,6 juta kalori energi. Tetapi jika tanah ini digunakan untuk memelihara hewan ternak untuk dikonsumsi daging, susu dan telurnya, hanya menghasilkan 0,4 juta kalori energi. Anda bisa menghitung sendiri berapa banyak kerugian sumber daya makanan yang hilang hanya karena kita mau memuaskan nafsu mulut kita dengan mengonsumsi daging hewan ternak?? berarti secara tidak langsung kita juga ikut membuat 40 juta orang meninggal dunia setiap tahun di dunia. Apakah anda sadar akan hal itu?? Saya sungguh merasa sedih sekali melihat jika kita sudah tahu akan hal ini, tapi tetap saja menghidangkan daging di piring makanan kita.
Jika Orang-orang di Amerika dan Eropa, menjadi vegetarian hanya sekali dalam seminggu saja, berarti setiap tahun kita akan menyelamatkan lebih dari 1/3 kelaparan dunia atau lebih dari 300 juta orang yang kelaparan. Apa sebabnya?
Sebab lebih dari 2/3 panen jagung dan 1/3 panen gandum dunia yang seharusnya dipakai untuk manusia tapi dipakai untuk makanan ternak yang sengaja dikembangbiakkan secara massal untuk dibunuh dan dikonsumsi dagingnya. Bahkan di Amerika saja, 70 % dari semua hasil gandum dipakai untuk makanan ternak sapi dan 80% dari semua hasil kedelainya dihabiskan untuk ternak babi. Coba anda bayangkan, bila hasil gandum dan kedelai itu dijual dan dipergunakan untuk konsumsi manusia, selain harga menjadi murah tentu tidak seorangpun akan kelaparan di dunia ini. Sampai di sini saya yakin anda sudah bisa mengerti mengapa vegetarian bisa mengurangi kelaparan dan kekurangan gizi manusia di dunia?? Ayo sekarang belajarlah menjadi vegetarian yang sehat dan tidak merugikan saudara-saudara kita yang lain!!
Memelihara hewan untuk di ternak dan dikonsumsi dagingnya, tentu akan menyebabkan kesulitan ekonomi dalam segala segi dan kelaparan dunia, paling tidak di negara dunia ketiga. Anda tentu sering melihat semakin sering ada perdamaian, semakin sering pula terjadi peperangan. Mengapa itu bisa terjadi? karena gara-gara kita haus kenikmatan nafsu mulut akan daging hewan yang menyebabkan dunia kekurangan pangan, kelaparan dunia sehingga terjadi kesulitan ekonomi yang menjadi cikal bakal terjadi perang di mana-mana. Jadi Selama kita masih berniat memelihara hewan ternak dan makan dagingnya, maka peperangan dan kelaparan dunia tidak akan pernah bisa berhenti.

Apa hubungan vegetarian dengan bencana alam?

Peternakan membutuhkan lahan yang sangat luas, sehingga banyak hutan yang ditebang, selanjutnya padang rumputpun menjadi gundul. Tahukah anda, bahwa sepotong daging hewan sebesar bakpao atau burger itu telah menghabiskan hutan seluas lapangan bola???
Menurut PBB (WHO), selama 5000 tahun, luas hutan hanya berkurang 35 % yaitu dari 62 juta km2 menjadi kurang lebih 40 juta km2 pada tahun 1950. Tetapi hanya selama 50 tahun, yaitu dari tahun 1950-2000, karena adanya peternakan hewan secara massal di Amerika latin dan Afrika, ditambah lagi dengan adanya illegal logging di Asia Tenggara, menyebabkan luas hutan di muka bumi ini berkurang 65 %, yaitu dari 40 juta km2 pada 1950 menjadi 14 juta km2 pada tahun 2000.. Anda bisa lihat dan bayangkan kerusakan apa yang telah kita lakukan terhadap alam hutan, hanya karena kita serakah untuk mengonsumsi daging hewan ternak!! Celakanya sebagian besar daging yang kita konsumsi setiap hari adalah daging hasil dari peternakan dengan cara seperti di atas apalagi di kota-kota besar. Sampai sekarang bagaimana pendapat anda? silakan memberi komentar di blog saya ini. Hal yang paling penting dari blog ini adalah supaya anda bisa minimal mengerti dan menyadari fakta-fakta ini.
Akibat gundulnya hutan tropis di Asia Tenggara, Amerika Latin dan Afrika, maka iklim dunia berubah dan menjadi kacau (tidak konsisten) atau sering disebut orang sebagai kekacauan iklim. Bila penggundulan hutan ini masih terus berlanjut terus, maka serangan badai salju di musim dingin dan serangan hawa panas (heat wave) di musim panas akan semakin dahsyat, begitu pula dengan serangan angin topan dan tornado, sedangkan di negara-negara tropis akan makin sering mengalami musim hujan berkepanjangan (la nina) dan musim kemarau berkepanjangan (El Nino). Anda tentu tahu apa akibatnya apabila kita tetap membiarkan hal ini terjadi dan pura-pura tidak peduli. Apa anda pernah mendengar tentang Global Warming? itulah mengapa kita aktivis vegetarian di indonesia mulai mengabarkan vegetarian bisa mengurangi Global Warming. Khusus Global Warming akan saya bahas di bagian khusus dari blog ini. Ditunggu ya!!! Mulai Sekarang, mari kita bangkitkan hati nurani dan kepedulian kita terhadap bumi kita tercinta. Kalau bukan kita sendiri yang memelihara bumi, harus mengharapkan siapa lagi??
Selain itu, Kekacauan iklim ini juga dapat menyebabkan gagal panen di dunia sebesar kurang lebih 600 juta ton beras dan 600 juta ton gandum, sehingga penduduk dunia yang meninggal dunia akan bertambah dari 40 juta pertahun menjadi hingga ratusan juta pertahun. Anda bisa lihat betapa mengerikan sekali dampak dari makan daging, peternakan hewan, gundulnya hutan dan kekacauan iklim.
Selanjutnya akibat gundulnya hutan tropis, maka panas bumi naik pesat, sehingga lapisan es di dua kutub bumi mencair, permukaan air laut naik dan menyebabkan banjir di mana-mana. Selain itu bisa menyebabkan gempa bumi, menyebabkan tsunami dan gunung meletus di mana-mana. Wahai manusia Pencinta Hidup dan Pencinta Lingkungan Hidup, demi menyelamatkan kehidupan dunia, ajaklah semua orang untuk menjadi vegetarian selamanya bersama anda!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar